Rabu, 12 Juni 2013

BAB V

BAB V
PENUTUP

A.                Kesimpulan
Setelah melakukan asuhan kebidanan pada ibu hamil dengan yaitu Ny. S umur 38 tahun G2P1A0 Usia Kehamilan 33 minggu 3 hari janin dengan persentasi bokong  di BPS Rosbiatul Adawiyah Kemiling Tahun 2013. Maka penulis dapat menggambil beberapa kesimpulan sebagai berikut :
1.         Dalam melakukan asuhan kebidanan pada ibu hamil Ny. S yaitu janin dengan presentasi  bokong yang didapat dari data subjktif dan objektif pasien. Dari data subjektif didapatkan pasien bernama Ny.S umur 38 tahun HPHT 14 september 2012. penulis telah melaksanakan pengkajian selama enam hari dari tanggal   6 mei hingga 11 mei 2013.
2.         Dalam melakukan asuhan kebidanan pada ibu hamil yaitu Ny. S usia 38 tahun  G2 P1 A0  UK 33 minggu 3 hari didapat dari hasil data ibu mengatakan  ini kehamilan yang ke 2, HPHT 14 september 2013, TP 21 juni 2013, ibu berkunjung tanggal 6 mei 2013. Kemudian dianosa janin didapat janin tunggal hidup intra uterin presentasi bokong, data didapat dari hasil leopold. Djj + Teraba 2 jari di atas pusat ibu sebelah kiri ± 136  x/ menit, teratur.
186
 
3.    Dalam kasus ini penulis melakukan antisipasi masalah potensial yaitu terjadi penyulit persalinan. Sehingga muncul  tindakan segera yaitu mengajarkan posisi knee chest pada Ny.S, agar ketika persalinan posisi janin dapat kembali norrmal dan tidak terjadi penyulit pada persalinan .
5.    Dalam kasus ini penulis telah memberikan rencana asuhan kebidanan pada Ny.S umur 38 tahun usia kehamilan 33 minggu 3 hari G2P1A0 dengan presentasi bokong sesuai dengan rencana.
6.    Dalam kasus ini penulis telah melaksankan tindakan  asuhan kebidanan sesuai dengan yang telah direncanakan.
7.    Dalam kasus ini penulis telah melaksanakan evaluasi pada kasus yang dialami Ny. S dengan presentasi bokong.

B.        Saran
            Berdasarkan kesimpulan diatas, maka penulis dapat menyimpulkan saran sebagai berikut:
1.      Bagi Akademi
Dengan disusunnya study kasus ini diharapkan hasil penelitian ini dapat di jadikan masukan berupa referensi yang dapt bermanfaat khususnya mengetahui Asuhan Kebidanan Pada Ibu Hamil janin dengan letak bokong serta dapat dijadikan oleh mahasiswa khususnya saat berada ditengah masyarakat dalam memberikan penyuluhan yang lebih maksimal.
2.      Bagi Lahan Praktek
Penulis mengharapkan agar tenaga kesehatan mau dan mampu memberikan Asuhan Kebidanan terhadap klien dalam Masa kehamilan, dari melakukan pengkajian data klien, mengidentifikasi masalah diagnosa dan kebutuhan, menentukan antisipasi masalah potensial, memberikan tindakan segera bila dibutuhkan, menyusun rancana sesuai kebutuhan, melakukan perencanaan yang telah ditetapkan serta mengevaluasi dan menindak lanjuti bila diperlukan.
3.      Bagi masyarakat khususnya Ibu hamil dengan presentasi bokong.
Bagi ibu hamil yang mengalami presentasi bokong dapat melaksanakan posisi knee chest yang baik dan benar dan mau ikut memeriksakan kehamilannya ketenaga kesehatan, supaya keadaan kehamilannya dapat dipantau oleh petugas dan posisi janin dapat kembali keposisi normal.
4.      Bagi penulis
Dapat melakukan dan menerapkan asuhan kebidanan terhadap ibu hamil ketika di lahan praktik, serta mampu memberikan asuhan pada  ibu yang mengalami presentasi bokong , sehingga komplikasi pada ibu mampu diatasi secara dini.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar